Tak perlu mengejar yang tak perlu,
Namun mungkin perlu tau agar banyak tau..

Tuesday, April 17, 2012

Memperkuat Sinyal Modem Dengan Antena Yagi Buatan Sendiri

Kali ini saya akan share cara memperkuat sinyal modem dengan antena yagi buatan kita sendiri, sinyal yang akan kita tangkap adalah dengan frekwensi 1900 Mhz.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  • Peralon kecil berdiameter 1/4 inch, dengan panjang 50 cm (ini untuk Boom antenanya)
  • Kawat tembaga atau kuningan berdiameter 2,5 mm atau bisa 2 mm secukupnya
  • PCB polos
  • Box sambungan kabel telpon rumah
  • Skrup sebanyak dua buah
  • Kabel Coaxial 50 Ohm (RG 58) dengan panjang 10 m
  • Lem Alteco
  • Alat-alat untuk pengerjaan seperti solder, timah solder, tang potong ,obeng, pisau Cuter dll
Perhatikan gambar di bawah ini, klik gambar untuk memperbesar jika kurang jelas..!
Perhatiakan setiap ukurannya
Langkah pertama kita potong-potong kawat tembaga untuk elemen antena dengan panjang setiap elemen sesuai ukuran pada gambar di atas (4cm = dua, 4,5cm = satu, 5cm = dua, 6cm = tiga ). kemudian kita potong lagi kawat tembaga untuk Reflektornya dengan panjang 11cm (lihat pada gambar, kawat yang paling panjang ukurannya).

Langkah selanjutnya kita buat terminal antenanya dengan cara sebagai berikut:
  1. Potong kawat tembaga dengan panjang 3,5cm sebanyak dua buah, ini untuk elemen terminal a dan b
  2. Potong PCB dengan ukuran sesuai ukuran dalam Box sambungan telpon. PCB ini nantinya akan di tutup oleh Box sambungan telpon agar terlindungi dari air hujan.
  3. Buat dua buah titik a dan b pada PCB, dua buah titik ini kita buat kotak sama sisi 0,5cm dengan celah antara dua titik selebar 0,5cm. Untuk membuat dua titik ini kita bisa menggunakan dengan pisau cuter, lempengan tembaga pada PCB selain dua titik kita kupas saja semua, jadi lempengan tembaga yang tersisa pada PC hanya untuk dua titik a dan b saja. Atau kita bisa penggunakan pelarut PCB untuk membuat ini, itu terserah anda
  4. Buat dua buah lubang untuk sekrup pada PCB, ini untuk menskrup PCB pada Boom antena nantinya
  5. Solder dua buah elemen a dan b (yang masing berukuran 3,5cm) pada dua titik di PCB yang sudah di buat tadi. Maka kalau kita ukur dari ujung elemen terminal a ke ujung elemen terminal b akan menghasilkan panjang 7,5cm, karena 3,5cm + 3,5cm = 7cm yang ditambah celah dua titik yang berjarak 0,5cm.
Untuk langkah-langkah membuat terminal antena yang di uraikan diatas, anda bisa sambil memperhatikan gambarnya di bawah.

 Siapkan kabel Coaxial 50 ohm (RG 58), kupas ujungnya untuk disolderkan ke dua titik pada PCB terminal, seperti pada gambar di atas.

Untuk selanjutnya kita akan mulai menyusun elemen-elemen antena pada Boom,
Kita buat lubang-lubang untuk elemen pada Boom, dimana Boom antenanya ini kita menggunakan peralon berdiameter 1/4 inch dengan panjang kurang lebih 50cm,,Perhatikan kembali gambar yang paling di atas untuk ukuran jarak antara tiap elemennya. termasuk untuk penempatan terminal dan kawat untuk Reflektornya pada Boom(peralon).
Masukan tiap elemen pada lubangnya sesuai ukuran pada gambar untuk penempatan tiap elemennya.
Setelah semua tersususn rapih kita lem menggunakan lem Alteco, ini bertujuan agar tidak bergeser atau lepas dari Boom(peralon).
Tutup PCB terminal dengan Box sambungan telpon dan lem..

Untuk antena kita anggap sudah selesai. Sekarang kita buat untuk induksinya, induksi ini yang akan bersentuhan langsung dengan modem. Ada dua cara untuk membuat induksi ini. bisa dengan membuat liltan yang kita buat pas melilit ke modem, ada juga dengan membuat induksi dari PCB. Untuk kali ini kita buat yang lilitan aja, biar lebih sederhana. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Lilitkan kawat tembaga pada modem sebanyak 5 lilit (jangan terlalu kenceng dan jangan terlalu longgar). ini untuk mencetak lilitan saja agar nantinya bisa keluar masuk
  2. Kupas ujung kabel Coaxial yang ujung satunya lagi sudah terhubung ke antena tadi.
  3. Solder ke inner dan outer lilitan induksi tadi
  4. Perhatian seperti gambar dibawah:
Pasang antenanya, kita bisa pakai tiang apa saja dan gak perlu tinggi-tingi, asal melewati genting rumah kita aja. Pasang juga lilitan induksi yang sudah dibuat tadi pada modem dengan cara memasukan modem kedalam lilitan, tancapkan modemnya di Komputer atau Laptop.
Tiang antena bisa kita baut ke ujung Boom setelah kawat reflektor antena. Reflektor antena itu kawat tembaga yang panjanga 11 cm yg sudah kita pasang pada Boom.
Ohya untuk pemasangannya, posisi tiap element harus tegak lurus ku atas dan boomnya ke samping. (elemen=vertical dan boom=horzontal). Ya seperti gambar di ataslah posisinya.
Setelah dipasang, silahkan cari arah yang paling bagus, kalau di tempat saya arah yang paling bagusnya itu ke arah Barat.

Dan langkah terakhir yang tak boleh anda lewatkan adalah......"senyum" ,,hehehe...titik dua de...

Nb.Untuk membuat induksi modem dari PCB, saya akan bahas lain kali..semoga ada umur panjang dan gak lupa,,hehehe..Tapi induksi yang kita buat lilitan tadi dengan induksi dari PCB itu hasilnya sama saja..cuma kalau dengan PCB kita bisa rancang lebih rapih dan manis,,hehehe...titk dua de...

Selesai.....
Semoga bermanfaat...



3
Komentar With Facebook
Komentar With Blogger

3 comments