Tak perlu mengejar yang tak perlu,
Namun mungkin perlu tau agar banyak tau..

Thursday, March 27, 2014

Mengatasi Laptop Yang Tidak Bisa Boot, Yang Muncul Hanya Logo Merk Laptop

Tadi siang ada teman main ke rumah sambil bawa notebook merk Axioo (neon mnc).
Dia minta tolong betulin dengan keluhan bahwa notebooknya tidak bisa boot ke operating system (OS).
Kemudian saya coba nyalakan, ternyata memang benar, pas saya nyalakan muncul logo merk dan diam disitu tidak sampai membaca boot OS di hardisk.
Pertamanya saya curiga ke hardisk yang bermasalah, meskipun sebetulnya kalau hardisk yang bermasalah ada suara beep, tapi untuk memastikan saya buka hardisknya kemudian saya nyalakan lagi tanpa pakai hardisk.
Apa yang terjadi? ternyata reaksinya sama saja.
Saya merenung sebentar, muncul lagi kecurigaan saya pada keyboard dengan perkiraan mungkin ada yang error. tanpa berlama-lama langsung saya buka keyboardnya dan saya nyalakan notebook tersebut tanpa keyboard. Ternyata benar, setelah saya buka keyboard notebook tersebut nyala dengan normal.
Waduh masalahnya ternyata pada keybord nih.
Teman saya bertanya "kalau gitu keyboardnya harus diganti donk?"
Saya jawab "jangan dulu langsung ganti coy, karena harga keyboard numayan mahal, kalau ada yang kotor kita masih bisa bersihkan atau kalau hanya kelembaban kita bisa coba dulu dijemur"
"terus sekarang gimana?" tanya temanku lagi..
"kita ambil langkah yang lebih mudah dulu aja, yaitu kita coba jemur dulu, kebetulan sudah mulai panas nih hari" jawab saya.
Maka kita jemur keyboard tersebut. Sambil nunggu kita pun ngobrol ngalor ngidul dengan menikmati teh manis dan rokok, hehehe.
Setelah 1 jam lamanya, dan dirasa udah cukup untuk dicoba, kita ambil keyboard tersebut dan kita pasang lagi.
Saatnya kita coba lagi. Jreng jreng.....apa yang terjadi ???
Ternyata sukses gan. hehehe..
Kita pun tersenyum sambil jingkrak-jingkrak, hahaha... titik dua de.

Nah bagi agan-agan yang mempunyai permasalahan yang sama, cara ini bisa agan coba.
Untuk cara melepas keyboar, perhatikan gambar berikut:
Untuk merk Axioo dan beberapa merk lain, biasanya untuk membuka keyboard sangatlah mudah, cukup menekan beberapa kunci (biasanya ada 4) dibagian atasnya menggunakan obeng min yang kecil, sperti yang terlihat pada gambar.

Semoga bermanfaat...


45 0
Komentar With Facebook
Komentar With Blogger

Post a Comment