Tak perlu mengejar yang tak perlu,
Namun mungkin perlu tau agar banyak tau..

Saturday, August 23, 2014

Mengatasi Windows XP Yang Tidak Mau Log On Setelah Welcome Screen

Ini diambil dari pengalaman saya,
Saat itu Windows pada laptop saya tiba-tiba tidak mau masuk ke tampilan desktop, selalu langsung log off setelah Welcome screen. Kebetulan laptop saya dipasang 3 OS yaitu Windows XP, Windows 8 dan Linux BackTrack 5 r3. dan jujur saja saya memang lebih banyak menggunakan XP untuk kebutuhan kerja saya, hal ini tentu sangat mengganggu ketika saya sedang sangat memerlukannya.
Dari kasus tersebut di atas, saya coba mengingat-ingat dari apa yang pernah saya ketahui tentang masalah tersebut, sebabnya apa dan harus bagaimana memperbaikinya. dan untungnya saya masih mengingatnya.
Masalah tersebut biasanya dikarenakan file system userint.exe rusak atau hilang. File tersebut biasanya berada di C:\Windows\System32
Nah bagai mana memperbaikinya? ada beberapa cara untuk memperbaikinya:

Cara pertama
Menggunakan CD installer Windows XP
  • Seperti biasa atur dulu bios agar booting lewat CD, dengan mengubah first boot device menjadi CD/DVD ROM
  •  Pada saat diawal booting CD installer Windows XP, segera tekan-tekan F2 hingga muncul perintah masukan password administrator (jika Windowsnya pakai password) dan ketik passwordnya. Setelah berhasil, maka akan muncul prompt C:\windows. Jika sudah, masuklah ke direktori system32. Untuk masuk ke direktori tersebut, gunakan perintah cd system32, maka selanjutnya akan muncul prompt C:\windows\system32.
  •  Masuk ke drive CD/DVD ROM, Jika anda lupa atau tidak tahu letak drive CD/DVD ROMnya, ketikkan perintah map, nanti akan terlihat dimana letak CD/DVD ROM anda. Kalau saya ada di drive D:\
  •  Setelah masuk ke drive CD/DVD ROM, masuk ke direktori i386 yg ada dalam CD installer XP. Dari direktori tersebut, ketik perintah expand (D:\i386 expand userinit.exe C:\windows\system32).
    Jika gagal dengan perintah tersebut, pada saat di langkah setelah mengetahui letak CD/DVD ROM (tersebut di atas), coba ketik dengan perintah ini expand D:\i386\userinit.ex_ C:\windows\system32\userinit.exe
    Ini dimaksudkan mengcopy file userinit.exe ke dalam direktori windows.
    Catatan: D:\ adalah drive CD/DVD ROM, sedangkan C:\ adalah drive system pada partisi hardisk.
    Tunggu hingga muncul komentar 1 file(s) expanded. Setelah itu restart.
 Cara ke dua 
Copy file userinit.exe lewat OS lain
Nah kalau saya pakai cara yang ini karena saya pasang OS lain juga yaitu Windows 8 dan BackTrack.

  • Saya masuk ke Windows 8, kemudian saya masukan CD installer Windows XP.
  • Masuk explorer kemudian saya cari drive CD/DVD ROM nampak di situ ada di partisi E
  • Habis itu saya cari partisi Windows XP dalam hal ini terbaca oleh Windows 8 saya ada di drive D:\ (partisi D)
  • Setelah saya ketahui drive CD/DVD ROM ada di partisi E dan partisi yang di dalamnya ada OS Windows XP ada di partisi D, saya buka cmd dengan cara klik kanan di sudut kiri bawah dan klik command prompt
  • Setelah cmd muncul, saya ketikan perintah ini expand E:\i386\userinit.ex_ D:\windows\system32\userinit.exe Catatan: dalam perintah tersebut ada yang saya tandai dengan warna merah yaitu E dan D, penjelaannya adalah E=drive CD/DVD ROM dan D=drive OS Windows XP
Cara ke tiga
Menggunakan kompter lain yang juga sudah terinstall Windows XP
Cara ini dimaksudkan jika anda tidak mempunyai CD Installer Windows XPnya atau kebetulan CDnya sudah rusak.
  • Pasang hardisk yang didalamnya terdapat Windows XP yang bermasalah pada Komputer lain tersebut
  • Kemudian Pada hardisk Komputer lain tersebut buka drive C:\ (partisi Windows XP yang normal pada komputer lain tersebut), kemudian buka folder Windows, dalam folder Windows tersebut cari folder System32, setelah ketemu dalam folder System32 tersebut cari file userinit.exe dan copy
  • Setelah di copy masuk pada drive/partisi hardisk yang di dalamnya terdapat Windows XP bermasalah tadi, , buka folder Windows kemudian didalamnya buka lagi folder System32, paste file yang sudah di copy tadi kedalam folder System32 tersebut
    Catatan: intinya dari cara ke 3 ini kita mengcopy file system userinit.exe dari Windows XP yang normal pada Windows XP yang bermasalah

Semoga bermanfaat...


45 0
Komentar With Facebook
Komentar With Blogger

Post a Comment